Seminar Dasar Fotografi dan Pendekatan Street Fotografi SMAN 8 Depok

Agustus 14, 2017

www.KANGYASIN.com, #News - Beberapa waktu lalu saya diundang sebagai pembicara Dasar Fotografi dan Pendeketan Street Fotografi di SMA Negeri 8 Depok, berikut ini beberapa pemaparan saya mengenai materi yang saya berikan pada adek-adek di SMAN 8 Depok.

Seminar Dasar Fotografi dan Pendekatan Street Fotografi SMAN 8 Depok

Dasar-dasar Fotografi
Apa saja sih dasar-dasar fotografi ?
Pertama dan sangat mendasar dalam dasar fotografi Kenali Fitur & Fungsi Pada Kamera yang kita gunakan - @kangyasin
Disini adik-adik dari SMAN 8 Depok banyak beropini dan menyampaikan pendapat dasar fotografi itu komposisi kak, moment dsb.

Oke saya lebih suka mendengar pendapat audience maklum kebawa gaya Dosen saya saat mengajar dikampus lebih suka audience aktif untuk berpendapat mengenai materi yang disampaikan.

Yang pertama yaitu beberapa hal mengenai Pemahaman Fitur dan Fungsi Kamera :
  • Auto Mode Fully Auto
  • Portrait Mode 1/200 - f/4 - 200 - Flash: On
  • Macro Mode 1/200 - f/3.2 - 100 - Flash: On
  • Landscape Mode 1/100 - f/16 - 100 - Flash: Off
  • Sports Mode 1/750 - f/9.5 - 200 - Flash: Off
  • Night Portrait Mode 1/5 - f/4 - 320 - Flash: On
Advanced Camera Modes

Pada kebanyakan kamera DSLR, akan terdapat mode lanjutan seperti :
M (Manual), AV (Aperture-Priority), TV (Time-Value) atau S (Shutter-Priority) dan P (Programmed Auto). 
Manual memungkinkan fotografer untuk mengubah setiap pengaturan tunggal, Aperture-Priority memungkinkan fotografer untuk menetapkan nilai aperture dan kamera akan secara otomatis mengatur kecepatan rana yang tepat, TV memungkinkan fotografer memilih kecepatan rana pertama (misalnya ketika memotret olahraga) dan kamera secara otomatis mengatur aperture yang tepat. Sedangkan mode P-Program ini mirip dengan mode Auto - pengaturan shutter dan aperture ditentukan oleh kamera, tapi fotografer dapat menyesuaikan penembakan dan fungsi gambar rekaman / batas maksimal Auto Mode nya.

Komposisi
Mengenal komposisi yang sering digunakan dalam fotografi
Rule of Third merupakan pengembangan dari simetri Golden Ratio yang telah lama dikenal dalam seni lukis. Dalam Rule of Third frame gambar dibagi menjadi 3 bagian vertikal dan 3 bagian horisontal. Pembahasan lengkapnya ada pada materi blog saya klik Pengertian Komposisi Rule of Third ( ROT ) dalam Photography.
Rule Of Third Kangyasin.com
Komposisi Tengah dan Simetri, POI pada Komposisi Tengah ? Bisa jadi menarik di pusat atau justru sebaliknya. Apalagi seni itu menyangkut selera kita masing-masing. Biasanya untuk beberapa adegan, komposisi subjek di tengah akan bekerja lebih baik.
Komposisi Tengah dan Simetri Kangyasin.com

Leading Lines dapat membantu mereka yang melihat foto Anda untuk melihat sepanjang gambar dan memusatkan perhatian pada elemen-elemen penting. Apa pun yang menjadi jalur, dinding atau pola dapat digunakan sebagai garis pemimbing atau Leading Lines.
Leading Lines Kangyasin.com
EM – Evaluative Matering
Kamera juga menekankan zona dimana anda meletakkan titik fokus sebagai zona yang penting, sehingga nilai gelap terang disini dianggap sebagai prioritas.

Matering Kangyasin.com

Light and Shadow (Cahaya dan Bayangan)

Light (Cahaya)
Bukan fotografi namanya kalau tidak ada cahaya (Melukis dengan Cahaya), bermain dengan cahaya sangat unik dan seru karena kita bisa coba kembangkan kejelian kita dalam mengambil gambar, settingan kamera, komposisi, dan lainnya.

Cahaya Kangyasin.com
Shadow (Bayangan)
Bermain dengan bayangan atau yang sering dikenal dengan shadow juga bisa mengembangkan kemampuan kita dengan komposisi dan jeli menangkap momen yang ada disekitar.

Bayangan kangyasin.com

Motion Blur
Untuk mendapatkan gambar dengan efek motion blur gunakan speed dibawah 1/15 iso sesuaikan cahaya sekitar kita saat dalam pengambilan.

Motion Blur kangyasin.com

Portrait Fotografi
Dalam pengambilan portrait dominan kearah subjek atau objek pada bagian faca atau wajah usahakan ambil wajah yang unik dan berkarakter.

Portrait Kangyasin.com

Nah itu merupakan beberapa materi dasar-dasar fotografi yang saya bicarakan dengan adik-adik di SMA Negeri 8 Depok.

Untuk materi street fotografinya dimateri blog ini sebelumnya sudah saya bahas untuk dasar street fotografi menggunakan handphone berikut Street Fotografi Dengan Handphone.

Nah buat temen-temen diluar adik-adik SMA Negeri 8 Depok yang mau download materi saya versi PDF nya silahkan download materinya dibawah ini recomended dengan download dengan TWITTER ya.


Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Terima kasih tetap langganan dan turn on notification materi diblog kangyasin.com ya agar bisa selalu dapatkan update terbaru dari artikel blog ini.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

Instagram

Subscribe