Self Portrait pada ruang publik bukan "Street Photography"

Februari 06, 2017

#Article, www.KANGYASIN.com - Materi kali ini hasil diskusi dari beberapa teman-teman mengenai self portrait pada ruang publik. Beberapa berpendapat Self Portrait termasuk dalam ranah street photography dengan alasanya masing-masing, namun saya sendiri berpendapat tidak sesuai dengan hal dasar mengenai street photography yang bersifat jujur apa adanya.

Self Portrait pada ruang publik bukan Street Photography
Dengan kata lain jujur dan apa adanya karena jika kita mulai menambahkan bayangan diri kita atau refleksi diri kita atau dengan tehnik dan cara apapun agar kita bisa merubah isi frame yang mulai ditambahkan sisi diri kita pada frame foto tersebut menurut saya itu bukan lagi jujur karena ada maksud dari sang fotografer untuk menambahkan elemen self portrait dirinya pada frame foto yang dia ambil, sehingga kesan jujur dari street fotografi itu sendiri tidak ada.

Mungkin para pecinta street fotografi juga sudah kenal Om Eric Kim, beliau memuat artikel mengenai Street Photography Komposisi Self Portrait pada link : http://erickimphotography.com/blog/2013/11/11/street-photography-composition-lesson-9-self-portraits/

Dibeberapa gambar yang terdapat pada halaman web Milik om Eric Kim tersebut memang sangat menarik karena tiap elemen yang digunakan untuk self portrait sangat tertata dan diperhitungkan untuk menjadi sebuah karya self portrait yang besar. Memang bukan kapasitas saya untuk melakukan kritik pada foto-foto tersebut karena memang apa yang saya nilai dari sisi street fotografi yang bersifat jujur apa adanya beberapa foto tersebut terlihat ingin diarahkan foto diri sang fotografer pada frame yang diambilnya, namun karena artikel tersebut membahas lebih kearah komposisi street fotografi hal tersebut wajar.

Satu hal lagi dalam street fotografi karena memang bersifat jujur dan apa adanya ketika ada penambahan elemen yang sengaja diatur untuk masuk dalam frame hal tersebut membuat foto yang kita ambil kehilangan sifat jujur dari foto tersebut. Hal ini juga harus dibedakan dengan tehnis pengambilan gambar dengan cara menunggu atau mengatur waktu untuk mendapatkan moment yang pas atau scene yang pas pada frame hal ini merupakan hanya tehnis semata cara pengambilan kita namun kita tidak menambahkan elemen dengan niat sengaja memasukan foto diri kita pada bingkai frame dalam street fotografi kita sehingga sifat jujur dan apa adanya dalam street fotografi tetap tergambarkan.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

Instagram

Subscribe