Kedewasaan dalam street fotografi

November 03, 2016

www.KANGYASIN.com, Tips - Kedewasaan dalam street fotografi ? akhir-akhir ini banyak para fotografer yang mulai terjun kedalam street fotografi, tapi yang disayangkan adalah dimana para pecinta street fotografi belum mengetahui bagaimana menghormati subjek yang akan kita ambil gambarnya entah itu dengan kamera besar, film, mirorless, handphone dan lainnya. Maka dari itu saya coba membuat sedikit artikel mengenaik kedewasaan dalam street fotografi ini.

Kedewasaan dalam street fotografi
Kedewasaan cenderung mengarah ke arah pola pikir kita terhadap sesuatu baik itu kegiatan, masalah dan lainnya, dalam street fotografi kedewasaan sangat diperlukan apalagi mengingat Indonesia bangsa yang menganut kebudayaan timur terutama pada tata krama dan sopan santun. Apa perlu hal itu dalam street fotografi ? sangat diperlukan terutama dalam pendekatan kita terhadap subjek karena subjek yang kita ambil merupakan cenderung kedalam kehidupan keseharian yang identik dengan manusia hal tata krama dan sopan santun sangat diperlukan mulai dari hanya memberikan senyuman, sapaan, atau mungkin sedikit berbincang dengan subjek, sehingga membuat subjek tersebut menjadi merasa lebih nyaman saat kita mengambil gambar baik secara candid, maupun kita izin kepada si subjek untuk medapatkan portrait atau dokumentasi beliau.

Dibeberapa waktu saya mencoba untuk mengambil atau mengabadikan portrait pada subjek, namun ketika kita tidak diberikan kesempatan oleh si subjek kita tidak boleh memaksakan, terkadang subjek sendiri juga sering menanyakan untuk apa mas, koran ya ? nah disini coba jelaskan karena kita berada di street fotografi jelaskan sesuai dengan yang kita jalani apa itu street fotografi, dan hasil-hasil karya kita di street fotografi sedikit perbincangan ini juga bisa membuat zona nyaman kita dalam mengabadikan sisubjek.




Jadi cobalah untuk menjadi manusia yang ramah dan supel dalam keseharian terlebih dalam mengambil gambar dijalanan karena setiap manusia mempunyai hak privasinya, dengan kita berbuat supel dan ramah akan ada kepuasan sendiri dengan hasil karya yang kita buat dalam street fotografi.


Sekedar saran cobalah ketika kita dijalanan hindari pengambilan gambar dari orang-orang homeless atau tunawisma karena itu merupakan kekurangan dari beberapa orang yang tidak pantas untuk diambil gambarnya namun disini saya tidak melarang anda untuk mengambil gambar tersebut.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Halo Kang Yasin, nambahin bbrp tips dikit ya...

    1. Ada baiknya kita selalu membawa hasil street photo kita. Entah itu dicetak (atau sediakan 1 folder khusus di HP/tablet). Jadi bisa membuat menjelaskan "apa itu street photography" lebih mudah.
    2. Bawa printer portabel. Ada saja orang yang memang suka difoto, dan begitu selesai moto langsung ngasih hasilnya adalah bentuk hadiah yg bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh om selagi bisa membuat subjek lebih comfort kenapa gak lakuit 2 point yang ditambahkan om anta ^_^

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

Instagram

Subscribe