Street Fotografi dengan Handphone

Mei 09, 2016

www.KANGYASIN.com, #Tips dan Trik - Sudah lama juga tidak membahas fotografi dengan handphone, beberapa dari teman-teman instagram @kangyasin banyak yang menanyakan gimana kang street dengan handphone, gimana kang kamera handphonenya sekarang gak pernah dibahas.

Street Fotografi dengan Handphone
Sedikit penjelasan tentang street fotografi, Street Fotografi adalah pengambilan gambar atau seni memotret pada lingkup ruang publik. Disini saya, Muhamad Yasin juga mendefiniskan mengenai street fotografi adalah bagian dari kategori foto yang ada di Ruang Publik yang biasanya diambil dengan cara candid (tanpa subjek mengetahui) dan tak hanya mendefinisikan keadaan dengan Objek Manusia pada ruang publik tetapi juga banyak pendekatan-pendekatan lainnya dalam hal street fotografi. Entah itu pendekatan ke sisi Jurnalistik, Arsitektur, Portrait, Still Life misalnya tanda rambu lalulintas dan dan sebagainya yang berada di ruang publik.

Beberapa foto yang kang yasin ambil sendiri dengan handphone Redmi 2 oh ya buat kamu yang punya masalah dengan noise coba edit fotonya dengan BLACK and WHITE trik ini bisa untuk meredam noise pada hasil kamera dan cobalah bermain dengan effect contrast yang tinggi namun tetap sesuaikan dengan kondisi foto karena terlalu over juga akan merusak hasil foto.

















Nyetreet hanya dengan kamera handphone bisa dapat apa ? ya dapat foto lah hehehe... oke begini ketika kita menggunakan kamera handphone yang pertama kita harus ikhlas dengan kamera seadanya, dibanding dengan kamera yang bisa mengganti lensa wide, fisheye, fix dengan bokehnya ataupun tele yang membuat gambar semakin menarik yang justru akan mempersulit karena mindset kita selalu berfikir untuk mengganti lensa di keadaan street yang bisa berubah-ubah. Dengan ikhlas tersebut kita hanya bisa mencoba untuk memaksimalkannya, membuat gambar street menjadi lebih kreatif, berani untuk bisa mengambil gambar secara cepat dengan lebih dekat kearah subjek dan banyak lagi sisi kelebihan dengan kamera handphone dibandingkan dengan kamera besar lainnya, kekurangan output pada kamera handphone saat ini untuk kamera handphone biasa hanya pada pixel namun perkembangan teknologi saat ini sudah bisa mengimbangi hasil kamera dslr pada umumunya dengan pixel 41MP jadi gak ada masalah lagi untuk pixel jika kamu menggunakan kamera dengan 41MP tersebut.

Berikut gambar yang diambil dari Kang Yasin dan beberapa teman-teman fotografi yang menggunakan kamera handphone saat mengambil gambar street, Foto via Instagram :

A photo posted by Muhammad Sahbana (@ms_bana) on



A photo posted by Danar I (@nembelass) on




A photo posted by streetlife (@lifeofstreet) on




Tips-nya untuk pemula di street fotografi dengan handphone :
  1. Coba untuk ikhlas dengan kamera handphonemu.
  2. Kreatif dengan ide pengambilan gambar.
  3. Pemahaman fitur kamera handphone masing-masing.
  4. Jeli melihat moment di ruang publik.
Jangan pernah takut atau minder untuk bisa menghasilkan sebuah karya dengan kamera handphonemu baik itu genre street ataupun dengan genre fotografi lainnya. Karena hanya ditangan orang yang kreatif kamera itu bisa menghasilkan sesuatu yang indah.

Berikut beberapa link kang yasin yang mungkin bisa berguna :



Sekali lagi faktor dari ke 4 tips diatas yang saya jelaskan coba kalian mulai pelajari dan pahami jangan pernah juga terpaku pada suatu aturan dalam street fotografi coba keluarkan ide dan kreatif kalian sekalipun itu out of the box sehingga bisa lebih terus mengembangkan sisi kreatifnya ketimbang device yang kalian gunakan.

Semoga foto-foto baik dari kang yasin sendiri atau dari teman-teman yang saya share disini bisa menambah motivasi kalian untuk bisa mengeksplore lagi kamera handphone kalian. Jangan lupa main-main ke instagram @kangyasin yaks DM aja kalau ada yang perlu ditanyakan dan permintaan tentang tips street fotografi.


You Might Also Like

4 komentar

  1. Itu ngeditnya pake aplikasi apa gan ?

    BalasHapus
  2. wah ini dia, artikelnya berguna kang, kalau saya pribadi justru paling sering menggunakan Hp ketika membuat foto jalanan tersebut. anyway thanks for sharing

    BalasHapus
  3. Thanks infonya, jangan lupa juga kunjungi paket internet murah

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

Instagram

Subscribe